RAHMAYUDYAH, RULITA INDI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPECONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Rulita Indi Rahmayudyah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_BAB I.pdf]
Preview
Text
Rulita Indi Rahmayudyah_BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_BAB II.pdf]
Preview
Text
Rulita Indi Rahmayudyah_BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_BAB III.pdf] Text
Rulita Indi Rahmayudyah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_BAB IV.pdf] Text
Rulita Indi Rahmayudyah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_BAB V.pdf] Text
Rulita Indi Rahmayudyah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Rulita Indi Rahmayudyah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Rulita Indi Rahmayudyah_LAMPIRAN.pdf] Text
Rulita Indi Rahmayudyah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif banyak dikembangkan dalam pembelajaran di kelas. Salah satunya yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantu media gambar terhadap kemampuan menulis puisi di kelas V di SD Negeri 2 Pliken tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V A sebanyak 19 peserta didik, sedangkan kelas V B sebanyak 20 peserta didik. Penelitian ini diawali dengan mengadakan pretes, kemudian perlakuan dan selanjutnya posttes. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantu media gambar terhadap kemampuan menulis puisi di kelas V SD Negeri 2 Pliken pada semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dinyatakan dengan thitung > ttabelyaitu 2,37 > 2,021 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantu media gambar terhadap kemampuan menulis puisi di kelas V SD Negeri 2 Pliken.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Yudha Febrianta, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence, Media Gambar, Kemampuan Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 14 Sep 2017 01:15
Last Modified: 14 Sep 2017 01:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item View Item