ANINDITA, FACHNIZA DWIKA (2017) MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU PERMAINAN LINGKARAN ILMU DI KELAS IVA SDN 3 PAGERAJI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Fachniza Dwika Anindita_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB I.pdf Download (696kB) | Preview |
Preview |
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB II.pdf Download (814kB) | Preview |
![]() |
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) |
![]() |
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Fachniza Dwika Anindita_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
Preview |
Text
Fachniza Dwika Anindita_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (666kB) | Preview |
![]() |
Text
Fachniza Dwika Anindita_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rasa ingin tahu siswa kelas IVA (empat) SDN 3 Pageraji masih rendah
disebabkan karena kurang antusiasnya siswa dalam mempelajari hal baru yang
diajarkan oleh guru dan kurangnya keinginan siswa untuk bertanya mengenai
materi baru serta tidak mencoba mencari sumber belajar selain buku dari sekolah.
Hal ini juga mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa. Prestasi belajar
siswa kelas IVA di SDN 3 Pageraji yang tergolong rendah selain dikarenakan rasa
ingin tahu yang rendah juga dikarenakan nilai siswa yang belum mencapai KKM.
KKM yang ditentukan adalah 70. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan
prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IVA SDN 3 Pageraji.
Jumlah siswa kelas IVA adalah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan
dan 11 siswa laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap
siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan pada rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Rasa ingin tahu pada
siklus I memperoleh persentase 53,65% dan pada siklus II memperoleh persentase
87,78%. Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 52,38% dan
pada siklus II memperoleh persentase 80,96%. Persentase rasa ingin tahu dan
prestasi belajar siswa pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang
telah ditentukan yaitu 75%. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran
SAVI berbantu permainan lingkaran ilmu dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan
prestasi belajar IPA di kelas IVA SDN 3 Pageraji
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si. dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, SAVI, Permainan Lingkaran Ilmu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 00:29 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 00:29 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |