PRATIWI, AMALYA TIARA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN SISWA BERBICARA UNTUK MENANGGAPI SUATU KEJADIAN PERISTIWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
Preview |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_BAB II.pdf Download (699kB) | Preview |
![]() |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
![]() |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
Preview |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) | Preview |
![]() |
Text
Amalya Tiara Pratiwi_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Keaktifan dan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia harus ditingkatkan. Keaktifan dan kemampuan siswa berbicara di kelas untuk pembelajaran Bahasa Indonesia diajarkan di SD selama 6 jam dalam seminggu. Hal ini berdasarkan pada kurikulum 2013 dalam persebaran jamnya Bahasa Indonesia diajarkan selama 6 jam dalam satu minggu. Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu sulitnya siswa berbicara jika dalam menanggapi suatu bacaan sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga dialami oleh siswa di kelas V SD N 4 Klampok. Wawancara dengan guru kelas V diperoleh informasi bahwa banyak siswa yang kurang aktif berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada kompetensi dasar menanggapi cerita tentang peristiwa yang ada di sekitar. Keaktifan dan kemampuan siswa dapat dilihat dari ketidakmampuan sebagian siswa dalam berbicara ketika menanggapi suatu kejadian peristiwa dari hasil kegiatan ulangan. Peneliti dan guru sepakat berkolaborasi melalui sebuah perbaikan pembelajaran dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media gambar agar siswa dapat mengembangkan berbicaranya dengan melihat gambar yang ada. Media gambar adalah media visual dalam bentuk grafis. Media grafis didefinisikan sebagai media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui suatu kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Klampok, kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2016/2017. Jumlah peserta didik adalah 17 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Siswa Berbicara untuk Menanggapi Kejadian suatu Peristiwa Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar”, pada siklus I siswa yang mencapai KKM pada aspek keaktifan berbicara adalah 70% dengan nilai rata-rata kelas 70,35, sedangkan pada siklus II adalah 80,9% dengan nilai rata-rata 82,3. Aspek kemampuan berbicara siswa pada siklus I jumlah skor 229 dengan persentase 53%, sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan berbicara meningkat menjadi 348 dengan persentase 81%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I total skor 64 dengan rata-rata 2,6. Pada siklus II meningkat menjadi 92 dengan rata-rata 3,8.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Lia Mareza, S.Sn., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, Berbicara, Keaktifan, Kemampuan, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 00:15 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 01:17 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |