PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL DI SEKOLAH DASAR

DAMAYANTI, YESI (2017) PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB IV_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB V_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YESI DAMAYANTI_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait pelaksanaan pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional dalam menanamkan karakter cinta tanah air di sekolah dasar. Penelitian terfokus: cara guru SDN 1 TK dan SDN 2 JK dalam menanamkan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional, peran guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembiasaan, kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan cara guru menanamkan karakter cinta tanah air pada peserta didik yaitu melalui berbagai kegiatan yang ada di sekolah, mempelajari seni budaya untuk menanamkan rasa bangga dan menyediakan informasi terkait seni dan budaya di Indonesia. Peran sekolah melalui guru kelas dan kepala sekolah memiliki fungsi masing-masing yaitu guru: membimbing, menasehati dan memberikan contoh atau teladan. Sedangkan peran kepala sekolah yaitu kepala sekolah berperan langsung dalam pelaksanaan pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional di sekolah dasar, melakukan evaluasi pelaksanaan pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional ketika diadakan rapat. Kendala dalam pelaksanaan pembiasaan menyanyikan lagu wajib nasional antara lain: peserta didik senang bermain dan bercanda ketika menyanyi dan rendahnya kesadaran peserta didik akan pentingnya mengenal seni yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd, M.A.
Uncontrolled Keywords: karakter cinta tanah air, pembiasaan, menyanyikan lagu wajib nasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Sep 2017 05:09
Last Modified: 13 Sep 2017 05:09
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item