ASTRIANA, YUNITA (2017) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DI KELAS IV SD NEGERI 1 PASIR KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Download (964kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Download (868kB) | Preview |
|
Text
BAB III_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
||
Text
BAB IV_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
||
Text
BAB V_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Download (767kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN_YUNITA ASTRIANA_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peningkatan partisipasi belajar siswa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan media kartu pintar pada materi perkembangan tekonolgi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Negeri 1 Pasir Kulon. 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan media kartu pintar pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Negeri 1 Pasir Kulon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Pada siklus I pertemuan 1, partisipasi belajar siswa memperoleh ratarata 2,82 dan prestasi belajar memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 71,15, ketuntasan belajar 38,46%. Siklus I pertemuan 2, partisipasi belajar siswa 3,49 dan prestasi belajar 75,38, ketuntasan belajar 61,54%. Siklus II pertemuan 1, partisipasi belajar siswa 4,05 dan prestasi belajar 82,31, ketuntasan belajar 69,23. Siklus II pertemuan 2, meningkat pada partisipasi belajar siswa 4,44 dan prestasi belajar 85, ketuntasan belajar 84,62. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan media kartu pintar dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Peneliti menyarankan agar para guru melaksanakan proses pembelajaran yang menyenangkan salah satunya melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) menggunakan media kartu pintar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | partisipasi, prestasi belajar, model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), media kartu pintar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 01:39 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 06:32 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/4035 |
Actions (login required)
View Item |