MENTARI, KATRIN SEPTIA (2017) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING (TARI BAMBU) DI KELAS IV SDN AJIBARANG KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Download (645kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
![]() |
Text
BAB IV_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Download (705kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_KATRIN SEPTIA MENTARI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap kerja keras dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Ajibarang Kulon.
Pentingnya kerja keras dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa khususnya
mata pelajaran IPS. Kurangnya kerja keras siswa dalam mengikuti setiap kegiatan
pembelajaran menyebabkan prestasi belajar juga rendah. Siswa yang cenderung
pasif dan kurang bekerja keras mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dan
soal evaluasi yang diberikan guru. Siswa yang bersungguh-sungguh dalam belajar
dan bekerja keras dapat menyelesaikan tugas dengan baik akan memperoleh
prestasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja
keras dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan
teknologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing (tari
bambu). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas dilakukan peneliti dalam dua siklus. Tahapan
pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Ajibarang
Kulon yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Pengumpulan data pada sikap kerja keras menggunakan angket dan
lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan pengumpulan data prestasi belajar
siswa menggunakan lembar evaluasi yang dilaksanakan pada tiap pertemuan. Data
hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kerja keras siswa siklus I memperoleh
rata-rata klasikal sebesar 2,89 dengan kriteria baik dan kerja keras siswa pada
siklus II memperoleh rata-rata klasikal sebesar 3,62 dengan kriteria sangat baik,
dengan demikian kerja keras siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya.
Peningkatan ini ditandai dengan siswa sudah mulai bersungguh-sungguh dalam
mengikuti pelajaran IPS. Hasil perolehan prestasi belajar siswa pada siklus I
memperoleh rata-rata sebesar 70,38 dengan persentase ketuntasan belajar 67%
dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar
80,2 dengan persentase ketuntasan belajar 83% dengan kriteria baik, prestasi
belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Simpulan dari penelitian ini
yaitu pembelajaran dengan model kooperatif tipe bamboo dancing (tari bambu)
dapat meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV SDN Ajibarang kulon
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kerja Keras Siswa, Prestasi Belajar siswa, Mata Pelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu). |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 01:14 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 04:10 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |