DEWI, FRESI KUSUMA (2017) ANALISIS PERANGKAT EVALUASI MATEMATIKA KURIKULUM 2006 PADA SEMESTER GASAL KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Download (684kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Download (770kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
![]() |
Text
BAB V_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Download (620kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_FRESI KUSUMA DEWI_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Perencanaan yang baik dapat dinilai melalui evaluasi berupa analisis butir
soal. Berdasarkan data awal penelitian diperoleh informasi bahwa soal untuk
evaluasi telah diujikan tanpa melalui tahapan analisis butir soal. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis perangkat evaluasi matematika semester gasal kelas
V di SD ditinjau dari validitasisi, jenjang ranah kognitif dan analisis butir soal
yang mencakup validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi berupa soal-soal dan lembar jawaban siswa.
Instrumen penelitian ini berupa lembar telaah soal. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif ditinjau dari validitas isi dan analisis kuantitatif
ditinjau dari validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa soal ditinjau dari validitas isi 100% tinggi.
Distribusi jenjang ranah kognitif yang terukur pada soal ulangan harian 5 (100%)
soal berkategori menerapkan (C3). Soal Ulangan Tengah Semester (UTS)
memiliki yang terdiri 30 soal memiliki 1 (3,3%) soal berkategori mengingat (C1),
6 (20%) soal berkategori memahami (C2) dan 23 (76,7%) soal berkategori
menerapkan (C3). Soal UAS mata pelajaran matematika kelas V SD yang terdiri
40 soal memiliki 3 (7,5%) soal berkategori mengingat (C1), 5 (12,5%) soal
berkategori memahami (C2) dan 32 (80%) soal berkategori menerapkan (C3).
Kualitas perangkat evaluasi matematika semester gasal kelas V di SD ditinjau dari
aspek validitas yang rendah, reliabilitas yang rendah, tingkat kesukaran soal
berkategorimudah, dan daya beda soal berkategori jelek.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | analisis, butir soal, perangkat evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 01:08 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:41 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |