SAPUTRO, DWIKY ASHARI (2017) PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Download (892kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Download (761kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
![]() |
Text
BAB IV_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) |
![]() |
Text
BAB V_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Download (611kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_DWIKY ASHARI SAPUTRO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam
melaksanakan pendidikan karakter Islami dalam membentuk kepribadian di SDM
Purwokerto, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
melaksanakan pendidikan karakter Islami di SDM Purwokerto. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian yaitu
kepala sekolah, guru, dan siswa SDM Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pendidikan karakter Islami memiliki beberapa penerapan dalam
menanamkan karakter dan kepribadian siswa. Penerapan yang dilakukan sekolah
dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami yaitu melalui kegiatan
pembelajaran, bimbingan, kegiatan spontan, keteladanan, dan pembiasaan.
Beberapa penerapan tersebut terdapat nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan
pada siswa yaitu religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Pelaksanaan
pendidikan karakter Islami di SDM Purwokerto juga terdapat beberapa faktor
pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam pelaksanaan karakter
Islami yaitu; 1) adanya beberapa guru yang mau membantu dalam pelaksanaan
pendidikan karakter Islami, 2) adanya beberapa ustad yang membantu dalam
pelaksanaan pendidikan karakter Islami, 3) adanya pertemuan orang tua/wali
murid yang mau membantu dan mendukung dalam pelaksanaan pendidikan
karakter Islami. Pelaksanaan pendidikan karakter Islami juga memiliki faktor
penghambat yaitu; 1) masih ada siswa yang datang terlambat, 2) siswa terkadang
lupa membawa iqro/Al-Qur’an sendiri, 3) faktor lingkungan tempat tinggal yang
masih kurang kondusif sangat mempengaruhi karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter Islami, kepribadian siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 00:58 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 07:16 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4031 |
[error in script]
Actions (login required)
![]() |
View Item |