MAROAH, AZMI DIAN (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN RI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS V SD NEGERI PANGEBATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Download (950kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Download (686kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Download (781kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
![]() |
Text
BAB IV_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Download (625kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_AZMI DIAN MAROAH_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi rendahnya sikap rasa ingin
tahu dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Pangebatan. Kecamatan
Karanglewas Kabupaten Banyumas. Rendahnya sikap rasa ingin tahu siswa
ditandai dengan siswa kurang berani berpendapat dan siswa belum berusaha
mengetahui sesuatu dengan bertanya atau membaca serta kurang merespon pada
saat pembelajaran, sedangkan rendahnya prestasi belajar siswa ditandai dengan
rata-rata nilai yang masih dibawah KKM. Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantu media film
dokumenter. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan seiap siklus
terdiri dari dua pertemuan. Obyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Pangebatan yang berjumlah 36 siswa yang terdiri 19 siswa putra dan 17 siswa
putri. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes/
evaluasi, lembar observasi untuk aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar angket
rasa ingin tahu yang diberikan setiap akhir siklus serta dokumentasi. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini apabila ketuntasan secara klasikal >80%. Hasil
penelitian menunjukkan model Make A Match dapat meningkatkan sikap rasa
ingin tahu siswa dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan meningkatnya sikap rasa ingin tahu diperoleh nilai rata-rata 4,1
dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik pada siklus I dan meningkat menjadi
4,28 dengan kriteria rasa ingin tahu siswa sangat baik pada siklus II. Berdasarkan
hasil penilaian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 70,94 dengan
ketuntasan belajar 75% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar
siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 83,28 dengan ketuntasan belajar
91,67%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Dhi Bramasta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, IPS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 00:30 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:09 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |