NUGROHO, ARIF DWI (2017) UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MELALUI FIELD TRIP DI KELAS IV SD N 2 WONOYOSO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (721kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (773kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ARIF DWI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD N 2 Wonoyoso
terkait mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi perkembangan
teknologi pada siswa kelas IV. Permasalahan yang mucul dalam kelas adalah
rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa. Motivasi belajar yang rendah akan
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Faktor penyebabnya antara lain siswa
merasa bosan dan kurang tertarik karena kurangnya variasi model pembelajaran,
kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, keaktifan siswa rendah.
Motivasi yang rendah akan berdampak pada prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS yaitu tidak mencapai ketuntasan belajar yang maksimal. Prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD N 2 Wonoyoso memperoleh hasil
yang kurang baik. KKM yang diterapkan dalam mata pelajaran IPS yaitu 75,
dilihat dari hasil UTS siswa tahun ajaran 2016/2017 masih banyak siswa yang
mendapatkan nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Peneliti
mencoba melakukan upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
melalui Field Trip. Subjek Penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah
24 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Alat
pengumpulan data menggunakan tes evaluasi, lembar aktivitas guru, lembar
aktivitas siswa serta angket motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan
masing-masing pertemuan satu Rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari
tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil peningkatan yang
terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I motivasi siswa
memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,8 dengan kriteria baik dan siklus II
memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat baik. Hasil tes
evaluasi menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Prestasi belajar pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 68,50 dengan presentase
ketuntasan klasikal 43,75% dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 87,41
dengan presentase ketuntasan klasikal 91,66%. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Group Invertigation melalui
Field Trip dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan
Sosial tentang perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN 2Wonoyoso
Kecamatan Kuwarasan, Kebumen
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn, M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation melalui Field Trip |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 00:18 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:06 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |