SUNJA,, NONI DWI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TEKA - TEKI SILANG MATERI SIMETRI MEL ALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (963kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media merupakan salah satu komponen penunjang proses pembelajaran,
namun media yang digunakan saat ini dinilai kurang optimal dan kebanyakan hanya
berpusat pada guru, untuk itu pen
eliti
mengembangkan media
Teka
-
Teki Silang
disertai pendekatan saintifik
menggunakan model
Research and Development
(R&D)
yang bertujuan untuk : 1) mengetahui penggunaan media pembelajaran di SD
sebelum dilakukan pengembangan, 2) mengetahui pengembangan media
pembelajaran
teka
-
teki
silang
, 3) mengetahui kevalidan pengembangan media
pembelajaran
teka
-
teki silang
, 4) mengetahui penilaian guru terhadap pengembangan
media pembelajaran
teka
-
teki silang
, 5) mengetahui respon siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran
teka
-
teki silang
,
6) mengetahui pengaruh
pengembangan media pembelajaran
teka
-
teki silang
materi mengidentifikasi benda
-
benda dan bangun datar simetris di kelas IV di SD. Populasi yang digunakan
sebanyak 2 kelas yang terdiri
dari 26 siswa kelas IVa dan 26 siswa kelas IVb S
D N
Sidanegara 3 di UPK Cilacap. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes (
pre test,
post test
) dan non tes yaitu angket validasi ahli, angket respon penilaian guru, angket
respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggun
aan media
pembelajaran di
SD N Sidanegara 3
masih kurang optimal, 2) pengembangan media
pembelajaran
teka
-
teki silang dan pendekatan saintifik
cukup
menarik sehingga
dapat memotivasi siswa, 3) media pembelajaran
teka
-
teki silang
dinyatakan valid
oleh dua validator media, 4) penilaian guru sangat baik terhadap pengembangan
media pembelajaran
teka
-
teki silang,
5) respon siswa positif terhadap pengembangan
media pembelajaran
teka
-
teki silang ,
6) pengembangan media pembelajaran
teka
-
teki
silang
materi mengidentifikasi benda
-
benda dan bangun datar simetris berpengaruh
baik terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran matematika, teka - teki silang , pendekatan saintifik, materi mengidentifikasi benda - benda dan bangun datar simetris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:40
Last Modified: 12 Sep 2017 12:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item