WIDODO,, MUGI (2017) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD N 2 CIPAKU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (750kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (780kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (929kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan
Contextual
Teaching and Learning
(CTL) dapat mempengaruhi percaya diri dan prestasi
belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Cipaku pada materi perkembangan teknologi
produksi, komunikasi dan transportasi mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini
adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control
Grup Pre tes
–
Pos tes Desain. Subyek penelitian adalah siswa IV SD Negeri 2
Cipaku tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A yang
berjumlah 27 siswa dan kelas IV B berjumlah 27 siswa. Kelas IV A dijadikan
sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dijadikan sebagai kelas kontrol. Tehnik
pengumpulan data prestasi belajar siswa menggunakan pre tes dan pos tes dengan
bentuk uraian yang berjumlah 5 soal, sedangkan pengumpulan data sikap percaya
diri siswa dilakukan melalui tehnik angket. Data yang telah diperoleh dianalisis
untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hipotesis yang
diajukan sebelum dan setelahnya dilakukan penelitian mengenai pengaruh
pendekatan
pembelajaran
Contextual Teaching and Learning
(CTL) terhadap
prestasi belajar dan percaya diri pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 2
Cipaku. Kelas IV A (kelompok eksperimen) dilaksanakan pembelajaran
menggunakan pendekatan pembelajaran
Contextual Teaching and Learning
(CTL), sedangkan kelas IV B (kelompok kontrol) dilakukan pembelajaran
menggunakan pendekatan Non-
Contextual Teaching and Learning
(CTL). Hasil
perhitunganuji t gaint skor prestasi belajar kelompok eksperimen menunjukan
bahwa
<
, atau 0,961 < 11,070 yang berarti Ha diterima dan Ho
ditolak. Selain itu, Hasil perhitungan uji t gain skor percaya diri menunjukan
bahwa
<
, atau 0,961 <11,070 yang berarti Ha diterima dan Ho
ditolak. Hal tersebut menunjukan bahwa pendekatan
Contextual Teaching and
Learning
(CTL) berpengaruh pada prestasi belajar dan percaya diri siswa pada
mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Cipaku. Adanya pengaruh dibuktika
n
oleh hasil penelitian pada uji hipotesis menunjukan bahwa t
hitung
lebih besar dari
pada t
tabel
.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamudjo, M.M., M.Pd dan Arifin Muslim M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), percaya diri, prestasi belajar, IPS, perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 12:27 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 12:27 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |