GHOZALI,, HAMZAH ABDURAHMAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII MTs PPPI MIFTAHUSSALAM BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (688kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe
take and give
yang diharapkan
pembelajaran akan menjadi lebih
aktif dan
bermakna
bagi siswa
sehingga akan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa dalam materi segitiga dan segiempat.
Jenis
penelitian
yang digunakan
dalam penelitian ini adalah
Pene
litian
Tindakan
Kelas (PTK),
terdiri dari
lima
tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi
, evaluasi
dan refleksi. Ke
lima
tahapan tersebut dilaksanakan dalam
tiga
siklus penelitian dimana
se
tiap siklus
difokuskan
menggunakan langkah langkah pembelaj
aran kooperatif tipe
take and
give
. Penelitian ini dilaksanakan
di MTs PPPI Miftahussalam Banyumas
Kecamatan Kejawar Kabupaten Banyumas
dengan subjek penelitian
yaitu
kelas
VII A
. Hasil penelitian menunjukan bahwa
penggunaan model pembelajaran
take and g
ive
telah berhasil meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa pada
materi
segitiga dan segiempat
. Hal ini
dibuktikan
pada hasil
penilaian
kemampuan pemahaman konsep melalui tes evaluasi pada setiap akhir
siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I diperoleh nilai rata
-
rata pemahaman
kosep siswa sebesar 55,16 dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 58,93
dengan kriteria cukup dan
pada silkus III diperoleh sebesar 71,43 dengan kriteria
baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe
take and give
dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa khusus nya pada kelas VII MTs PP
PI
Miftahussalam Banyumas pada materi segitiga dan segiempat
.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Lukmanul Akhsani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa , aktivitas guru, pemahaman konsep, model kooperatif tipe take and give
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:21
Last Modified: 05 Aug 2024 00:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item