PERMATASARI, FENIA (2017) DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TAMBAK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipkan (1) kesulitan belajar yang
ditunjukkan dari proses pembelajaran matematika dan (
2) kesulitan belajar
siswa yang ditunjukkan dari hasil belajar matematika (THB) siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah Tambak. Sumber data dalam penelitian ini adalah
menggunakan purposive sampling. Siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori
prestasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Penggumpulan data menggunakan
tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1)
kelompok rendah cenderung kesulitan dalam memahami soal dan mengerjakan
soalnya, dalam proses belajar juga subjek dengan kelompok rendah memiliki
masalah yang sangat beragam dibandingkan dengan subjek dengan kelompok
sedang atau tinggi, (2) kelompok sedang cenderung melakukan kesalahan
karena kurang teliti dalam membaca soal maupun menghitung soal, untuk
kesalahan pada proses belajar, sebenarnya subjek dengan kelompok sedang
mempunyai kemampuan yang setara dengan subjek dengan kelompok tinggi
hanya saja subjek kelompok rendah cenderung malas dalam mengikuti
pembelajaran, (3) kelompok tinggi mampu memahami materi dengan baik dan
dapat mengerjakan soal dengan tepat, selain itu untuk kesulitan pada proses
belajar subjek tidak mengalami kesulitan yang berarti karena mampu
mengikuti pembelajaran dengan baik.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar, SMP Muhammadiyah Tambak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:14
Last Modified: 03 Dec 2024 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4018

Actions (login required)

View Item View Item