SETIAWATI, EVAH YULI (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN SFAE DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING KELAS VIII A SMP NEGERI 7 PURWOKETO. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (823kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan motivasi belajar dan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa k
elas VIII A SMP Negeri 7
Purwokerto melalui pembelajaran SFAE dengan strategi
problem solving.
Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Purwokerto yang
berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang di
lakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam 3
siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa
diberikan angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes untuk mengukur
kemampuan pemecahan mas
alah matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, agket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan
dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil penelitian bahwa
pelaksanaan pembelajaran SFAE dengan strateg
i
problem solving
dapat
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Purwokerto, yakni: (1) Persentase rata
-
rata
angket motivasi belajar secara keseluruhan, dari 61,71% pada akhir siklus 1
dengan
kriteria sedang menjadi 68,10% pada akhir siklus 2 dengan kriteri sedang
serta pada akhir siklus 3 menjadi 76,03% dengan kriteria tinggi. (2) Persentase
rata
-
rata tes siswa untuk kemampuan pemecahan masalah pada siklus 1 sebesar
35,21% dengan katagori re
ndah menjadi 53,20% pada akhir siklus 2 dengan
katagori cukup dan pada akhir siklus 3 menjadi 79,61% dengan katagori tinggi.
Persentase rata
-
rata tes siswa untuk tiap indikator kemampuan pemecahan masalah
telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, y
aitu: (a) Kemampuan memahami
masalah sebesar 99,28%,(b) Kemampuan membuat rencana sebesar 81,45% (c)
Kemampuan melaksanakan rencana sebesar 71,94%, (d) Kemampuan memeriksa
kembali sebesar 65,05%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Wanda Nugroho Yanuarto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pemecahan Masalah, Problem Solving, Student Facilitator And Explaining ,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:04
Last Modified: 05 Feb 2025 07:35
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item