SANTOSO, BUDI (2017) PENGARUH LATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP MEKANISME KOPING REMAJA AKHIR DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
BUDI SANTOSO COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BUDI SANTOSO BAB I.pdf Download (734kB) | Preview |
Preview |
Text
BUDI SANTOSO BAB II.pdf Download (804kB) | Preview |
![]() |
Text
BUDI SANTOSO BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) |
![]() |
Text
BUDI SANTOSO BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
![]() |
Text
BUDI SANTOSO BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
Preview |
Text
BUDI SANTOSO DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (726kB) | Preview |
![]() |
Text
BUDI SANTOSO LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Masa remaja akhir merupakan masa peralihan pola pikir dan
tingkah laku dan menjadi periode penting dalam suatu kehidupan manusia.
Remaja membutuhkan mekanisme koping yang tepat untuk menghadapi berbagai
permasalahan dan perubahan-perubahan yang terjadi. Salah satu faktor yang
mempengaruhi mekanisme koping adalah keterampilan sosial. Keterampilan
sosial dapat dilatih menggunakan latihan keterampilan sosial.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh latihan keterampilan sosial terhadap
mekanisme koping remaja akhir di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Purwokerto.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi
experimental pre test – post test with control group dengan 60 responden.
Penelitian ini menggunakan uji Paired T-test.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata mekanisme koping
remaja akhir sebelum intervensi adalah 183.63 setelah intervensi menjadi 190,70.
Pada kelompok kontrol rata-rata sebelum intervensi adalah 184,87 setelah
intervensi menjadi 186,80.
Kesimpulan : Ada pengaruh latihan keterampilan sosial terhadap mekanisme
koping remaja akhir. Rata-rata mekanisme koping remaja akhir pada kelompok
intervensi meningkat sebanyak 7,07 (P value < 0,05) ada perbedaan yang
bermakna. Pada kelompok kontrol hanya meningkat sebanyak 1,93 (P value >
0,05) tidak ada perbedaan yang bermakna.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Ns. Siti Nurjanah, S.Kep., M.Kep,Sp.Kep.J. |
Uncontrolled Keywords: | remaja, mekanisme koping, latihan keterampilan sosial |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Yuni Sri Subkhaini |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 03:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:12 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3949 |
[error in script]
Actions (login required)
![]() |
View Item |