PRIASTINDANI,, NIKEN (2017) PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL SIMULASI SOSIAL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (824kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kondisi siswa yang cenderung pasif
dalam proses pembelajaran dan rendahnya nilai akademik yang dibuktikan dengan
masih 11 anak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena mata
pelajaran PKn materinya terlalu banyak dan siswa menyepelekannya. Sikap
toleransi yang dimiliki siswa juga masih rendah dibuktikan dengan hasil observasi
yang telah dilakukan di MI Muhammadiyah Panambangan. Hasil observasi
tersebut membuktikan bahwa rendahnya rasa menghormati baik perbedaan
pendapat maupun kebudayaan, siswa hanya mau berteman dengan anak yang
disukai saja, dan rendahnya sikap menghargai serta menghormati teman ketika
berpendapat. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI
Muhammadiyah Panambangan yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 8 putra dan 9
putri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan sikap toleransi dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui Model Simulasi Sosial.
Peneliti memilih model simulasi sosial karena model simulasi sosial dapat
melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, adanya interaksi dan
komunikasi dalam proses pembelajaran, dan siswa dapat memaknai pesan moral
yang terdapat dalam proses simulasi sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah tes/evaluasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
angket sikap toleransi. Indikator dalam penelitian ini yaitu persentase minimal
ketuntasan prestasi belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai 80%, sedangkan
peningkatan sikap toletansi siswa sekurang-kurangnya mencapai kategori baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran simulasi sosial dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus
II. Nilai rata-rata siklus I yaitu 70,76 dengan persentase ketuntasan 52,94%. Nilai
rata-rata siklus II yaitu 82 dengan persentase ketuntasan 88,23%. Hasil penilaian
sikap toleransi siswa melalui observasi diperoleh skor pada siklus I dengan ratarata
2,25 termasuk dalam kategori cukup. Hasil pada siklus II diperoleh rata-rata
2,92 termasuk dalam kriteria baik.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani. M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn.,M.A,
Uncontrolled Keywords: Sikap Toleransi, Prestasi Belajar,PKn, Model Simulasi Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 03:14
Last Modified: 12 Dec 2024 06:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item