UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK ROUND ROBIN DI KELAS V SD NEGERI KARANGSALAM

ARIBOWO, LAKSONO ARIEF (2017) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK ROUND ROBIN DI KELAS V SD NEGERI KARANGSALAM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar IPA materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya melalui teknik Round Robin . Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangsalam dengan jumlah siswa 36 terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2x35 menit). Prosedur pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Data hasil peningkatan sikap disiplin dan prestasi belajar diperoleh dari angket sikap disiplin dan soal evaluasi. Hasil angket sikap disiplin pada siklus I memperoleh skor 45,2 dan presentase 65,46% dengan kriteria baik sedangkan pada siklus II memperoleh skor 51,2 dan presentase 86,29% dengan kriteria baik sekali. Rata-rata prestasi belajar yang diperoleh pada siklus I 63,89% dan pada siklus II sebesar 90,28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik Round Robin dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri karangsalam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Prestasi belajar IPA, Teknik Round Robin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Sep 2017 00:40
Last Modified: 11 Sep 2017 00:40
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3940

Actions (login required)

View Item View Item