OKTAVIANA, DINA (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE SUBTEMA KETAMPAKAN RUPA BUMI TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 1 RANCAMAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of DINA OKTAVIANA COVER.pdf]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DINA OKTAVIANA BAB I.pdf]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of DINA OKTAVIANA BAB II.pdf]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of DINA OKTAVIANA BAB III.pdf] Text
DINA OKTAVIANA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[thumbnail of DINA OKTAVIANA BAB IV.pdf] Text
DINA OKTAVIANA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[thumbnail of DINA OKTAVIANA BAB V.pdf] Text
DINA OKTAVIANA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of DINA OKTAVIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DINA OKTAVIANA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of DINA OKTAVIANA LAMPIRAN.pdf] Text
DINA OKTAVIANA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang
diterapkan lebih ditekankan pada kurangya pemanfaatan media, sikap partisipasi
siswa dan nilai siswa di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap partisipasi dan prestasi belajar
siswa di kelas III SD Negeri 1 Rancamaya. Populasi penelitian yang digunakan
adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Rancamaya tahun ajaran 2016/2017 yang
berjumlah 48 siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri 1 Rancamaya
dengan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IIIB sebagai kelas
eksperimen dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen, penelitian eksperimen dilakukan menggunakan metode
Quasi Eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Nonequivalent control group design (pengambilan sampel non-randomly
assignment). Hal ini didasarkan karena tidak semua variable yang mucul dalam
kondisi eksperimen dapat diatur da dikotrol secara ketat. Teknik pengumpulan
data yang digunakan untuk mengukur partisipasi siswa yaitu angket, sedangkan
prestasi belajar siswa diukur menggunakan post test. Data hasil penelitian
dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) analisis
hasil partisipasi diperoleh t hitung≥t tabel atau 1,917 >1,67866; (2) Analisis hasil
prestasi belajar diperoleh thitung≥t tabel atau2,106≥ 1,67866. Berdasarkan hasil
perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peggunaan media puzzle
terhadap partisipasi dan prestasi belajar subtema ketampakan rupa bumi di kelas
III SD Negeri 1 Rancamaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
menggunakan media puzzle lebih berpengaruh dibandingkan dengan
menggunakan pembelajaran tanpa media.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle; Partisipasi; Prestasi Belajar; Pembelajaran Tematik;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Sep 2017 07:53
Last Modified: 26 Nov 2024 07:29
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3937
[error in script]

Actions (login required)

View Item View Item