PRASETYO, BELLA NADIA (2017) KEPUASAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN SWAMEDIKASI APOTEKER DENGAN PENERAPAN ASMETHOD DI APOTEK WILAYAH KOTA PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of BELLA NADIA COVER.pdf]
Preview
Text
BELLA NADIA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BELLA NADIA BAB I.pdf]
Preview
Text
BELLA NADIA BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of BELLA NADIA BAB II.pdf]
Preview
Text
BELLA NADIA BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of BELLA NADIA BAB III.pdf] Text
BELLA NADIA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BELLA NADIA BAB IV.pdf] Text
BELLA NADIA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of BELLA NADIA BAB V.pdf] Text
BELLA NADIA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of BELLA NADIA DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BELLA NADIA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BELLA NADIA LAMPIRAN.pdf] Text
BELLA NADIA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sejalan dengan meningkatnya pendidikan, pengetahuan masyarakat
serta kemudahan memperoleh informasi, dan tingginya biaya perawatan
kesehatan, masyarakat semakin terdorong untuk melakukan pengobatan sendiri
dengan obat – obatan bebas. Hasil survei Departemen Kesehatan Republik
Indonesia di 3 kota besar menunjukkan 60,9% orang yang sakit melakukan
pengobatan sendiri (swamedikasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi Apoteker dengan
penerapan ASMETHOD yang meliputi age, self/someone else, medication, extra
medication, time symptoms, history, other accompanying symptoms, dager
symptoms. Pada penelitian ini menggunakan metode deskripstif dengan teknik
accidental sampling, responden yang sedang berkunjung ke apotek dan telah
diberikan pelayanan swamedikasi dengan penerapan ASMETHOD oleh apoteker.
Penelitian dengan total sampel 101 responden pengumpulan data dengan cara
pemberian kuesioner. Hasil penelitian diperoleh dimensi reliability merupakan
dimensi dengan tingkat kepuasan tertinggi, kemudian disusul dimensi assurance
dan dimensi tangibles memiliki tingkat kepuasan yang baik . Sedangkan pada
dimensi emphaty (25,7%) konsumen merasa tidak puas dan pada dimensi
responsiveness (29,7%) konsumen merasa tidak puas. Tingkat kepuasan
konsumen dalam pelayanan swamedikasi apoteker dengan penerapan
ASMETHOD di apotek wilayah kota Purwokerto mendapat predikat puas dengan
persentase sebesar 87,1% . Sehingga metode ASMETHOD ini dapat diterapkan
dalam pelayanan swamedikasi di apotek untuk menentukan patient assessment
sebelum memberikan rekomendasi terapi untuk konsumen apotek

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Githa Fungie Galistiani, M.Sc., Apt. dan Much Ilham N Aji Wibowo, MPH., Apt
Uncontrolled Keywords: Kepuasan; Konsumen; Apoteker; ASMETHOD; Apotek;
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi S1
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 09 Sep 2017 01:47
Last Modified: 09 Dec 2024 04:03
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item