PRASETYO, BELLA NADIA (2017) KEPUASAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN SWAMEDIKASI APOTEKER DENGAN PENERAPAN ASMETHOD DI APOTEK WILAYAH KOTA PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
BELLA NADIA COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BELLA NADIA BAB I.pdf Download (618kB) | Preview |
Preview |
Text
BELLA NADIA BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
![]() |
Text
BELLA NADIA BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BELLA NADIA BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
![]() |
Text
BELLA NADIA BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
Preview |
Text
BELLA NADIA DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) | Preview |
![]() |
Text
BELLA NADIA LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sejalan dengan meningkatnya pendidikan, pengetahuan masyarakat
serta kemudahan memperoleh informasi, dan tingginya biaya perawatan
kesehatan, masyarakat semakin terdorong untuk melakukan pengobatan sendiri
dengan obat – obatan bebas. Hasil survei Departemen Kesehatan Republik
Indonesia di 3 kota besar menunjukkan 60,9% orang yang sakit melakukan
pengobatan sendiri (swamedikasi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi Apoteker dengan
penerapan ASMETHOD yang meliputi age, self/someone else, medication, extra
medication, time symptoms, history, other accompanying symptoms, dager
symptoms. Pada penelitian ini menggunakan metode deskripstif dengan teknik
accidental sampling, responden yang sedang berkunjung ke apotek dan telah
diberikan pelayanan swamedikasi dengan penerapan ASMETHOD oleh apoteker.
Penelitian dengan total sampel 101 responden pengumpulan data dengan cara
pemberian kuesioner. Hasil penelitian diperoleh dimensi reliability merupakan
dimensi dengan tingkat kepuasan tertinggi, kemudian disusul dimensi assurance
dan dimensi tangibles memiliki tingkat kepuasan yang baik . Sedangkan pada
dimensi emphaty (25,7%) konsumen merasa tidak puas dan pada dimensi
responsiveness (29,7%) konsumen merasa tidak puas. Tingkat kepuasan
konsumen dalam pelayanan swamedikasi apoteker dengan penerapan
ASMETHOD di apotek wilayah kota Purwokerto mendapat predikat puas dengan
persentase sebesar 87,1% . Sehingga metode ASMETHOD ini dapat diterapkan
dalam pelayanan swamedikasi di apotek untuk menentukan patient assessment
sebelum memberikan rekomendasi terapi untuk konsumen apotek
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Githa Fungie Galistiani, M.Sc., Apt. dan Much Ilham N Aji Wibowo, MPH., Apt |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan; Konsumen; Apoteker; ASMETHOD; Apotek; |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi S1 |
Depositing User: | Riski Wismana |
Date Deposited: | 09 Sep 2017 01:47 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 04:03 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |