NUGROHO, WILDAN ABDI (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGGUDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (718kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (829kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
![]() |
Text
BAB IV_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Download (768kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_WILDAN ABDI NUGROHO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan karena siswa kurang termotivasi
dalam belajar IPS, siswa kesulitan memahami materi yang jumlahnya banyak,
kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, kurangnya pemanfaatan media
pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
atau Classroom Action Research pada mata pelajaran IPS materi teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur
tingkat pemahaman siswa yang ditunjukkan pada kemampuan dasar atau prestasi
belajar siswa. Teknik non tes digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan
dengan ranah afektif. Teknik tersebut antara lain observasi, angket, dan dokumen.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing
berbantu media TTS yang diterapkan dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian ini
adalah meningkatnya motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa disetiap
siklus. Siklus I diperoleh jumlah sebesar 78,6 dengan presentase sebesar 78,6% dan
masuk dalam kriteria baik, pada siklus II diperoleh jumlah sebesar 90,27 dengan
presentase sebesar 90,27% dan masuk dalam kriteria sangat baik. Peningkatan
prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 71,5 dengan ketuntasan belajar
siklus I sebesar 56,65%. Pada siklus II diperoleh rata-rata 81,37 dengan kentuntasan
belajar siklus II sebesar 81,04%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo M.M, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | motivasi; prestasi belajar; snowball throwing; dan TTS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 04:57 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 07:22 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |