ARIFUDIN, WAWAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT DI KELAS V SDN 4 SIREMENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Download (715kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Download (872kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Download (767kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 4 Siremeng
Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Rendahnya motivasi siswa ditandai
dengan rendahnya peran aktif siswa pada saat pembelajaran, sedangkan rendahnya
prestasi belajar siswa ditandai dengan rata-rata nilai siswa yang masih di bawah
kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan
model pembelajaran learning cycle 7e berbantu multimedia powerpoint, yang
terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sasaran dari
penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 4 Siremeng yang berjumlah
26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen
yang digunakan dalam pengumpulan data menggunkan tes, lembar observasi
aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket motivasi dan
dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila terjadi
peningkatan motivasi belajar dengan kriteria baik dan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil penelitian
menunjukkan model pembelajaran learning cycle 7e berbantu multimedia
powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS, dibuktikan dengan meningkatnya motivasi diperoleh nilai rata-rata
76,19 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi 90,46 dengan
kriteria sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar
siswa diperoleh nilai rata-rata 74,51 dengan ketuntasan 74,99% pada siklus I,
kemudian pada siklus II prestasi belajar meningkat dengan perolehan nilai ratarata
82,59 dengan ketuntasan mencapai 92,30%.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi, IPS, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Multimedia Powerpoint. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 04:35 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 07:43 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |