UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT DI KELAS V SDN 4 SIREMENG

ARIFUDIN, WAWAN (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT DI KELAS V SDN 4 SIREMENG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf

Download (872kB) | Preview
[img] Text
BAB III_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_WAWAN ARIFUDIN_PGSD'17.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 4 Siremeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Rendahnya motivasi siswa ditandai dengan rendahnya peran aktif siswa pada saat pembelajaran, sedangkan rendahnya prestasi belajar siswa ditandai dengan rata-rata nilai siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e berbantu multimedia powerpoint, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sasaran dari penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 4 Siremeng yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunkan tes, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket motivasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan motivasi belajar dengan kriteria baik dan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran learning cycle 7e berbantu multimedia powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dibuktikan dengan meningkatnya motivasi diperoleh nilai rata-rata 76,19 dengan kriteria baik pada siklus I dan meningkat menjadi 90,46 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 74,51 dengan ketuntasan 74,99% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar meningkat dengan perolehan nilai ratarata 82,59 dengan ketuntasan mencapai 92,30%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd., dan Tri Yuliansyah Bintaro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi, IPS, Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Multimedia Powerpoint.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:35
Last Modified: 08 Sep 2017 04:35
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item View Item