APRIYANI,, IKA MAHFIROH (2017) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE SYNERGETIC TEACHING PADA MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SD NEGERI KARANG PULE PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (729kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (870kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (710kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi
belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran PKn materi globalisasi menggunakan
strategi belajar Synergetic Teaching. Rendahnya sikap disiplin dan prestasi belajar
peserta didik dalam proses pembelajran PKn, rendahnya sikap disiplin dibuktikan
masih adanya peserta didik yang bermain dalam proses pembelajaran PKn,
sementara rendahnya prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan adanya
peserta didik yang nilainya di bawah nilai minimal kentuntasan. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV SD Negeri Karang Pule yang berjumlah 17 peserta didik.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua pertemuan meliputi :
perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang
digunakan berupa soal evaluasi yang diberikan pada akhir pembelajran setiap
pertemuan kepada peserta didik untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik .
Skala sikap disiplin digunakan untuk mengukur tingkat sikap disiplin peserta
didik selama mengikuti pembelajaran pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian
menunjukkan bahawa sikap disiplin dan prestasi belajar peserta didik kelas IV SD
Negeri Karang Pule mengalami peningkatan setalah menerapkan stragei belajar
Synergetic Teaching pada pembelajaran PKn materi globalisasi. Hasil ini
ditunjukkan dengan adanya peningkatan sikap disiplin dan pengingkatan rata-rata
niali hasil belajar peserta didik pata setiap siklusnya. Sikap disiplin peserta didik
berdasarkan angket menunjukan terjadinya peningkatan dari siklus I dengan
jumlah skor 710 dan skor rata-rata 3,48 yang tergolong kriteria baik, sedangkan
pada siklus II dengan skor 807 dan skor rata-rata 3,88 dengan kriteria baik.
Peningkatan prestasi belajar peserta didik dibuktikan dari perolehan rata-rata nilai
pada siklus II lebih tinggi dari siklus I. Rata-rata perolehan nilai siklus I 50,18
prosentase ketuntasan 35,29% dengan ktriteria kurang sekali, perolehan rata-rata
niali siklus II 85,88 prosentase ketuntasan 88,29% dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Synergetic Teaching dapat
meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar PKn materi globalisasi kelas IV
SD Negeri Karang Pule.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs.H. Sri Harmianto, M.Pd., dan Sri Muryaningsih, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | disiplin, prestasi belajar, pendidikan kewarganegaraan, Synergetic Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 06:04 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:48 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |