PERTIWI, SARI ANGGI (2017) PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) OLEH GURU DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN ADIMULYO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI COVER.pdf]
Preview
Text
SARI ANGGI PERTIWI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI BAB I.pdf]
Preview
Text
SARI ANGGI PERTIWI BAB I.pdf

Download (807kB) | Preview
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI BAB II.pdf]
Preview
Text
SARI ANGGI PERTIWI BAB II.pdf

Download (870kB) | Preview
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI BAB III.pdf] Text
SARI ANGGI PERTIWI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI BAB IV.pdf] Text
SARI ANGGI PERTIWI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI BAB V.pdf] Text
SARI ANGGI PERTIWI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
SARI ANGGI PERTIWI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (783kB) | Preview
[thumbnail of SARI ANGGI PERTIWI LAMPIRAN.pdf] Text
SARI ANGGI PERTIWI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Melestarikan kearifan lokal budaya bangsa berupa permainan tradisional diimplementasikan melalui pembelajaran di kelas oleh guru, salah satunya adalah pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran SBK tidak terlepas dari peran guru dalam mengelola proses pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh proses penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran SBK oleh guru di Sekolah Dasar se-Kecamatan Adimulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD yang berada di UPT Adimulyo sejumlah 159 guru. Sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan responden 61 guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran SBK oleh guru di sekolah dasar se-kecamatan Adimulyo termasuk pada kategori sedang dengan presentase sebesar 53,49%, jenis permainan tradisional antara lain permainan membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk, membuat topeng-topengan, ular naga, congklak, lithongan, lompat tali, jamuran, permainan lima jari, gobag sodor, egrang, kampret-kampretan, injit-injit semut dan permainan dari batok kelapa menggunakan tali, manfaat permainan antara lain meningkatkan interaksi anak dengan temannya dan mengandung nilai atau pesan moral yang relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran SBK, peran guru antara lain membimbing dan mendorong kreatifitas anak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru dapat mempertahankan kearifan lokal dalam bentuk permainan tradisional dengan menerapkannya dalam pembelajaran di kelas salah satunya pembelajaran SBK agar dapat tercipta suasana pembelajaran yang berbeda dan menarik bagi anak.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: Guru, Pembelajaran SBK, Penggunaan Permainan tradisional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 07 Sep 2017 09:51
Last Modified: 03 Dec 2024 02:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3872

Actions (login required)

View Item View Item