MAHARJANI, RAHMANIA PUTRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PKn MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MENGGUNAKAN STRATEGI GROUP RESUME BERBANTU MEDIA PANGGUNG BONEKA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PEJOGOL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI BAB I.pdf Download (605kB) | Preview |
Preview |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI BAB II.pdf Download (788kB) | Preview |
![]() |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
![]() |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) |
Preview |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) | Preview |
![]() |
Text
RAHMANIA PUTRI MAHARJANI LAMPIRANH.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas dan prestasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas dengan mata pelajaran PKn materi keputusan bersama menggunakan strategi group resume berbantu media panggung boneka. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Pejogol Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas dengan jumlah 17 siswa. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar soal evaluasi dan lembar tes kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan strategi group resume berbantu media panggung boneka dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Hasil tes kreativitas pada siklus I secara klasikal yaitu 985 dengan rata-rata presentase 57,9% kriteria cukup kreatif, sedangkan pada siklus II secara klasikal yaitu 1295 dengan rata-rata 76,17% kriteria kreatif. Peningkatan hasil prestasi belajar siswa dapat dibuktikan pada hasil tes evaluasi siklus I dengan ketuntasan siklus 71,63%, sedangkan siklus II mencapai 82,94%. Dapat disimpulkan bahwa strategi group resume berbantu media panggung boneka dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn di kelas V MI Muhammadiyah Pejogol, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Prestasi Belajar PKn, Strategi Group Resume, Media Panggung Boneka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 04:19 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:35 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |