SETIANI, NITA (2017) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Download (996kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Download (696kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Download (819kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB IV_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
![]() |
Text
BAB V_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Download (690kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_NITA SETIANI_PAI'17.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi paedagogik guru pendidikan agama Islam di sekolah
menengah pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Purwokerto.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian
adalah kepala sekolah dan 3 orang guru Pendidikan Agama Islam. Metode
pengumpulan datanya berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Muhammadiyah 1
Purwokerto(1) sebagai educator, memberikan pembinaan, memberikan
teguran,memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti
kegiatan diluar sekolah dan melengkapi sarana dan prasarana. (2) peran sebagai
managermelaksanakan pemberdayaan terhadap seluruh sumber daya agar dapat
mencapai tujuan sekolah,melakukan pembagian tugas sesuai kompetensinya
dengan melibatkan seluruh steak holder.(3) sebagai administrator, mengecek
perangkat pembelajaran guru, memberikan arahan, dan menyusun program
sekolah. (4) sebagai supervisor yaitu melaksanakan supervisi dengan melakukan
kunjungan ke kelas, memberikan bimbingan yang berkaitan dengan pelaksanaan
kurikulum, melaksanakan rapat, dan memberikan tutor kepada guru. (5) sebagai
leader yaitu menampilkan sikap teladan dan disiplin serta menjadi contoh yang
baik untuk warga sekolah, serta menjalin komunikasi yang baik. (6) sebagai
innovator, melakukan inovasi dalam sistem pembelajaran, dan memberikan tutor
pada guru. (7) sebagai motivator yaitu selalu memberikan nasehat berupa motivasi
kepada guru PAI untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang
perkembangan komptensinya, mendorong guru untuk aktif menulis, dan
menekankan sikap disiplin.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Zakiyah M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 02:56 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |