ANTONO, ALIF OKTA (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA VIDEO KELAS V SD NEGERI 2 GUMINGSIR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Download (641kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Download (926kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) |
![]() |
Text
BAB IV_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Download (705kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_ALIF OKTA ANTONO_PGSD'17.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi
belajar siswa materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan menggunakan
metode Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD
Negeri 2 Gumingsir yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9
siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu
dengan menggunakan tes/evaluasi, skala sikap, lembar observasi untuk aktivitas
guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode Guided Note
Taking dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa pada
materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Hal tersebut dapat dibuktikan
untuk rasa ingin tahu siswa ditandai dengan meningkatnya skala sikap rasa ingin
tahu siswa dari siklus I ke siklus II. Siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,96
dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik dan siklus II mendapatkan nilai rata-rata
sebesar 4,26 dengan kriteria rasa ingin tahu siswa sangat baik. Prestasi belajar siswa
dibuktikan dengan naiknya nilai rata-rata kelas sebesar 70,29 dengan persentase
ketuntasan belajar siswa sebesar 50,43% pada siklus I, dan pada siklus II
memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 81,05 dengan persentase ketuntasan belajar
siswa sebesar 80,95 %.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M, M.Pd., dan Lia Mareza, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Metode Guided Note Taking, Prestasi Belajar, Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 00:24 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:58 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |