OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

WAHYUNINGSIH, LAELLY (2017) OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LAELLY WAHYUNINGSIH COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAELLY WAHYUNINGSIH BAB I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAELLY WAHYUNINGSIH BAB II.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
LAELLY WAHYUNINGSIH BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
LAELLY WAHYUNINGSIH BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAELLY WAHYUNINGSIH BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img]
Preview
Text
LAELLY WAHYUNINGSIH DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
LAELLY WAHYUNINGSIH LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian dari fasilitas sekolah yang diadakan sebagai sarana untuk melayani kebutuhan membaca warga sekolah.Keberadaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh beberapa sekolah. Rendahnya pemanfaatan perpustakaan sekolah dipengaruhi dari pihak sekolah dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan sekolah dalam rangka optimalisasi fungsi perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi non partisipatif, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ketiga sekolah yang diteliti telah mengoptimalkan beberapa fungsi perpustakaan sesuai dengan baik. Kegiatan pemanfaatan perpustakaan sekolah SD Negeri 3 Lesmana dilakukan dengan memanfaatkan buku cetak untuk digunakan dalam pelajaran, buku fiksi digunakan dalam kegiatan breakfast book, untuk kegiatan sirkulasi buku belum aktif. Optimalisasi perpustakaan di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon dilaksanakan dengan menugaskan siswa belajar secara mandiri diperpustakaan dan bahan pustaka buku-buku digunakan untuk menambah referensi guru dalam materi pelajaran. Optimalisasi perpustakaan di SD Negeri Panambangan sudah sangat baik, kegiatan sirkulasi dilaksanakan oleh kepala perpustakaan dan pustakawan. Siswa memiliki kesadaran sendiri untuk membaca buku di perpustakaan sekolah, bahan pustaka di SD Negeri Panambangan tidak hanya buku, ada beberapa bahan display seperti; mata uang Indonesia, mata uang asing, keleksi perangko, bumbu dapur dan gambar. Kegiatan optimalisasi perpustakaan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu; motivasi dari guru, ketersediaan fasilitas, relevansi koleksi bahan pustaka dengan kebutuhan pemustaka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Aji Heru Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: optimalisasi fungsi perpustakaan, pemanfaatan perpustakaan, sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 05 Sep 2017 04:12
Last Modified: 05 Sep 2017 04:12
URI: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item