PURNOMO, IMAM AJI (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN MATERI GLOBALISASI MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH MEDIA AMPLOP KEPINTARAN KELAS IV SD N 1 PLIKEN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO COVER.pdf]
Preview
Text
IMAM AJI PURNOMO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO BAB I.pdf]
Preview
Text
IMAM AJI PURNOMO BAB I.pdf

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO BAB II.pdf]
Preview
Text
IMAM AJI PURNOMO BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO BAB III.pdf] Text
IMAM AJI PURNOMO BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO BAB IV.pdf] Text
IMAM AJI PURNOMO BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO BAB V.pdf] Text
IMAM AJI PURNOMO BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
IMAM AJI PURNOMO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of IMAM AJI PURNOMO LAMPIRAN.pdf] Text
IMAM AJI PURNOMO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru tidak selamanya berhasil dengan baik, karena motivasi peserta didik kurang dan motivasi akan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik Tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu dengan memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada akhir putaran. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan motivasi siswa dan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Globalisasi. Hasil penelitian tersebut adalah motivasi siklus I diperoleh rata – rata 3.03 dengan kriteria cukup motivasi, kemudian siklus II diperoleh 3.83 dengan kriteria motivasi baaik. Prestasi belajar pada siklus I yang diperoleh siswa 80 % dan siklus II 100 %.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Lia Mareza, M.A.
Uncontrolled Keywords: Make a match, media amplop kepintaran, Pendidikan Kewaranegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 05 Sep 2017 03:21
Last Modified: 17 Dec 2024 04:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item