DEWI, ERFINA PUSPITA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 3 TIPARKIDUL. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB I.pdf Download (687kB) | Preview |
Preview |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB II.pdf Download (802kB) | Preview |
![]() |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
![]() |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
Preview |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) | Preview |
![]() |
Text
ERFINA PUSPITA DEWI LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya rasa ingin tahu dan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul.
Faktor-faktor yang mengakibatkan kurangnya rasa ingin tahu siswa yaitu karena
pada saat pembelajaran matematika, siswa menganggap bahwa matematika
merupakan mata pelajaran yang menakutkan dan sulit untuk dipelajari. Dari
keseluruhan siswa di kelas hanya beberapa siswa yang aktif mengikuti proses
pembelajaran yang disampaikan oleh guru kelas. Rendahnya prestasi belajar
matematika di kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul dilihat dari hasil evaluasi belajar
siswa, masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap
sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika
di kelas IV SD Negeri 3 Tiparkidul. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi
eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design.
Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV B dengan jumlah siswa 28 sebagai
kelompok eksperimen dan siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 25 sebagai
kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan
lembar soal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus independent
sample t-test (uji t pihak kanan). Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil uji hipotesis
pertama diperoleh nilai
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Badarudin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Penemuan Terbimbing, Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 02:52 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |