ROFIAH, NUZULUL (2017) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE PERMAINAN TREASURE HUNT DI KELAS IV MIM TAMBAKAN AJIBARANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Nuzulul Rofiah_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Nuzulul Rofiah_BAB I.pdf Download (768kB) | Preview |
Preview |
Text
Nuzulul Rofiah_BAB II.pdf Download (907kB) | Preview |
![]() |
Text
Nuzulul Rofiah_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
![]() |
Text
Nuzulul Rofiah_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Nuzulul Rofiah_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
Preview |
Text
Nuzulul Rofiah_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (851kB) | Preview |
![]() |
Text
Nuzulul Rofiah_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV masih rendah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi rendahnya kerjasama dan prestasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode permainan Treasure Hunt dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar IPS melalui metode permainan Treasure Hunt di kelas IV MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang sebanyak 28 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus dan teknik non tes berupa angket sikap kerjasama siswa, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I nilai rata-rata sikap kerjasama siswa mencapai 3,08 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II mencapai 3,44 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai presentase ketuntasan belajar 61% dan pada siklus II mengalami peningkatan presentase sebesar 84%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode permainan Treasure Hunt dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd. dan Dhi Bramasta, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama, Prestasi Belajar, Metode Permainan Treasure Hunt |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 01:59 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 01:59 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3753 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |