LARASATI, ANIZ NEINA (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE BERBANTU PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS IV SD NEGERI 1 CIKIDANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Aniz Neina Larasati_JUDUL.pdf Download (918kB) | Preview |
Preview |
Text
Aniz Neina Larasati_BAB I.pdf Download (613kB) | Preview |
Preview |
Text
Aniz Neina Larasati_BAB II.pdf Download (777kB) | Preview |
![]() |
Text
Aniz Neina Larasati_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
![]() |
Text
Aniz Neina Larasati_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
![]() |
Text
Aniz Neina Larasati_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
Preview |
Text
Aniz Neina Larasati_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) | Preview |
![]() |
Text
Aniz Neina Larasati_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemandirian siswa di SD Negeri 1 Cikidang masih tergolong rendah. Hal
ini dibuktikan dengan kurangnya kemandirian siswa pada saat proses
pembelajaran ataupun dalam hal mengerjakan soal, sehingga untuk meingkatkan
kemandirian siswa dan prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika materi
menjumlahkan pecahan digunakan strategi Questions Students Have berbantu
permainan ular tangga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1
Cikidang yang berjumlah 16 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam
2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahap kegiatan setiap siklus terdiri
atas perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observing)
dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi
aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian
angket kemandirian pada siklus I terdapat 2 siswa dengan kriteria kemandirian
sangat baik, 10 siswa dengan kriteria kemandirian baik, 4 siswa dengan kriteria
kemandirian cukup, serta dengan kriteria kurang dan kurang sekali tidak ada yang
mendapatkannya, sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa dengan kriteria
kemandirian sangat baik, 3 siswa dengan kriteria kemandirian baik, kriteria
kemandirian cukup tidak ada yang mendapatkannya, serta kriteria kemandirian
kurang dan kurang sekali tidak ada yang memperolehnya. Berdasarkan observasi
aktivitas siswa rata-rata pada siklus I sebesar 3,5 dengan kriterian baik, sedangkan
pada siklus II terdapat peningkatan yaitu menjadi 4,5 dengan kriteria sangat baik,
dan hasil pengamatan observasi guru rata-rata pda siklus I sebesar 2,7 dengan
kriteria baik dan meningkat pada siklus II sebesar 3,7 dengan kriteria sangat baik.
Hasil penelitian prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 56% dan siklus II
sebesar 87%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi questions
students have berbantu permainan ular tangga dapat meningkatkan kemandirian
siswa dan prestasi belajar matematika kelas IV SD Negeri 1 Cikidang.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Sri Muryaningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Prestasi Belajar, Strategi Questions Students Have, Permainan Ular Tangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 01:36 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 01:36 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |