WATI,, DWI AMBAR (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGTENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (671kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (917kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (781kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum
pendidikan di Indonesia.
Sikap peduli lingkungan merupakan salah satu sikap
yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran IPA. Berdasarkan informasi yang
diperoleh dari hasil
wawancara bahwa prestasi belajar siswa khususnya
pada
pembelajaran IPA rendah, hal ini
dibuktikan dari hasil Ujian Akhir Nasional
(UAS) jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
yaitu
13 siswa atau 56,5% dari jumlah keseluruhan yaitu 23
siswa.
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran dilaksanakan dengan
menerapkan model
problem based learning
, selain itu peneliti menggunakan
media
komik untuk membantu guru menyampaikan materi pembelajaran. Jenis
penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Karangtengah, dengan subjek penelitian
yaitu siswa kelas IV A dengan jumlah
siswa yaitu 23 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar angket, lembar evaluasi dan
lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada
sikap peduli lingkungan yaitu pada siklus I diperoleh rata
-
rat
a 3,01 sedangkan
pada siklus II meningkat menjadi 3,66. Prestasi belajar siswa juga mengalami
peningkatan yaitu pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 60,87% dengan
kriteria cukup dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 82,61% dengan kriteria
sanga
t baik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Badarudin, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | sikap peduli lingkungan, prestasi belajar, model problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 04:41 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 04:41 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |