MULIA, CAHYA DEWI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 BANTERAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (895kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian
ini
bertujuan
untuk:
(1)
mengetahui
pengaruh
model
pembelajaran Kolaboratif tipe
Predict Observe Explain
terhadap kreativitas siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas IV B SD Negeri 1 Banteran; (2) mengetahui
pengaruh model pembelajaran Kolaboratif tipe
Predict Observe Explain
terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV B SD Negeri 1
Banteran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian eksperimen jenis eksperimen semu (
quasi eksperimen
). Design
penelitian ini adalah
nonequivalent control grup design.
P
opulasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Banteran. Berdasarkan
purposive
sampling
ditetapkan kelas IV A sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B sebagai
kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa
post
test.
Instrumen penelitian meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan
analisis daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan
5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat
analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan
dengan bantuan program SPSS 21.0 menunjukkan data berdistribusi normal dan
homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis data kreativitas siswa diperoleh

ℎ푖푡푢푛푔


푡푎푏푒푙
atau 3,713

2,064 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil SPSS
membuktikan adanya penolakan Ho dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang
lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data prestasi belajar siswa
diperoleh

ℎ푖푡푢푛푔


푡푎푏푒푙
atau 6,598

2,048; maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Hasil SPSS menunjukkan adanya penolakan Ho dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, menyatakan
bahwa model pembelajaran kolaboratif tipe POE terbukti memberikan pengaruh
terhadap kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi
energi panas dan bunyi kelas IV B SD Negeri 1 Banteran

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar, model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2017 04:36
Last Modified: 13 Nov 2024 03:32
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item