ROSDIANA,, WINDIYA (2017) PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MATERI PEMILIHAN PENGURUS ORGANISASI SEKOLAH MELALUI METODE SIMULASI DI KELAS VA SD NEGERI 1 PRIGI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (677kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (754kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (665kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar dan sikap
tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn materi Pemilihan Pengurus
Organisasi Sekolah, melalui metode Simulasi. Hal tersebut berdasarkan hasil
wawancara dengan guru dan observasi di kelas VA SD Negeri 1 Prigi. Guru
menyatakan metode ceramah adalah metode yang paling sering digunakan.
Padahal metode ceramah tanpa dipadukan dengan metode yang lain cenderung
membuat siswa kurang berpartisipasi. Siswa cenderung pasif hanya diam
mendengarkan dan mencatat penjelasan guru saja. Partisipasi belajar siswa sangat
dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar tidak hanya guru saja yang aktif.
Selain itu guru juga menyatakan bahwa siswa kurang memiliki sikap yang baik
dalam dirinya terutama sikap tanggung jawab, dilihat dari kebiasaan siswa yang
mengerjakan tugas rumah di kelas pada pagi hari. Melihat kondisi tersebut peneliti
dan guru sepakat untuk menggunakan metode Simulasi yang diharapkan mampu
meminimalisir permasalahan kurangnya partisipasi belajar siswa dan sikap
tagging jawab siswa. Menggunakan metode simulasi siswa dapat secara langsung
berpartisipasi dan bertanggung jawab memperagakan cara Pemilihan Pengurus
Organisasi Sekolah dengan urutan yang benar, dengan demikian partisipasi belajar
dan sikap tanggung jawab dapat di tingkatkan melalui penerapan metode simulasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus. Obyek
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V (lima) A SD Negeri 1 Prigi, yang
berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar angket
partisipasi belajar siswa, lembar angket sikap tanggung jawab siswa, lembar
observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Analisis datanya
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator dalam
penelitian ini apabila terjadi peningkatan kriteria partisipasi belajar dan sikap
tanggung jawab siswa minimal baik. Hasil penelitian menunjukan metode
Simulasi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan
dengan meningkatnya skor rata-rata dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-rata
skor siswa adalah 2,24 dengan kriteria cukup dan pada siklus II skor rata-rata
siswa adalah 3,13 dengan kriteria baik. Metode Simulasi juga dapat meningkatkan
sikap tanggung jawab siswa pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut dibuktikan
dengan meningkatnya skor rata-rata dari siklus I ke siklus II. Siklus I rata-rata
skor siswa adalah 2,23 dengan kriteria cukup dan pada siklus II skor rata-rata
siswa adalah 3,40 dengan kriteria sangat baik.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd dan Okto Wijayanti S.Pd. M.A |
Uncontrolled Keywords: | Tanggung jawab, Partisipasi Belajar, PKn, Metode Simulasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 03:17 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 07:40 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |