SAPUTRI, TANTI WAHYU (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL SAVI DENGAN ANIMASI ADOBE FLASH CS5 DI KELAS V SD IT MUHAMMADIYAH CIPETE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan rasa
ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi
kemerdekaan Indonesia menggunakan model SAVI (
Somatic, Auditory, Visual,
Intelectual
) dengan an
im
asi
adobe flash CS
5 di kelas V SD IT Muhammadiyah
Cipete. Latar belakang penelitian ini yaitu rasa ingin tahu dan prestasi belajar
siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan
Indonesia
. Peneliti melakukan upaya untuk mengatasi rendahnya rasa ingin tahu
dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model SAVI melalui animasi
adobe flash CS
5 dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua
pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT
Muhammadiyah Cipete, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas sebanyak 30
siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Prosedur
pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa evaluasi
yang diberikan pada akhir setiap siklus dan teknik nontes berupa angket rasa ingin
tahu, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I nilai
rata-rata rasa ingin tahu siswa mencapai 2,67 dengan kriteria baik dan meningkat
pada siklus II mencapai 3,26 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian prestasi
belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai persentase ketuntasan belajar 73,33%
dan pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 93,33%. Hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI dengan
animasi
adobe flash CS
5 dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas
V SD IT Muhammadiyah Cipete

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar IPS, Model SAVI, Adobe Flash CS5.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2017 02:56
Last Modified: 09 Jan 2025 07:07
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item