DWIANTI,, LUSIANA INDRA (2017) PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan
pengajaran remedial pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Aspek
pelaksanaan pengajaran remedial meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan,
tindak lanjut dan hambatan dalam pelaksanaan pengajaran remedial. Kepala
sekolah dan orang tua memiliki peran dalam pelaksanaan pengajaran remedial.
Partisipan penelitian ini terdiri dari, kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru belum melakukan diagnosis kesulitan belajar yang
sesuai dengan langkah-langkah, tetapi guru sudah mengidentifikasi kesulitan
belajar matematika melalui analisis evaluasi hasil belajar. Alternatif tindakan
dengan memberikan jam tambahan dan remedial. Guru jarang melakukan layanan
bimbingan pada peserta didik yang berkesulitan belajar. Pengajaran remedial
dilaksanakan pada jam efektif pembelajaran dan setelah kegiatan belajar mengajar
selesai. Metode yang sering digunakan dalam pelaksanaan pengajaran remedial
yaitu tanya jawab dan tugas. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuratif.
Guru memberikan remedial ulang dan tugas untuk peserta didik yang belum
tuntas. Hambatan guru dalam pelaksanaan pengajaran remedial yaitu waktu yang
kurang efektif dan kemampuan peserta didik yang rendah. Kepala sekolah dan
orang tua memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan pengajaran
remedial.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengajaran remedial, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:54
Last Modified: 04 Jul 2024 07:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item