ARDIYANTININGSIH,, CAHYA (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY DI KELAS IV MIM PANDANSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (602kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (666kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (589kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Sikap peduli lingkungan dan kreativitas peserta didik di MI Muhammadiyah
Pandansari masih tergolong rendah dibuktikan dengan kurangnya kepedulian
peserta didik terhadap benda yang masih dapat didaur ulang dan dapat
dimanfaatkan sebagai karya seni. Pembuatan karya seni membutuhkan kreativitas,
sehingga untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan kreativitas peserta
didik digunakan metode
outdoor study
pada mata pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan (SBK). Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV
MI Muhammadiyah Pandansari yang berjumlah 11 peserta didik, yaitu 3 peserta
didik perempuan dan 8 peserta didik laki-laki. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setia
p
siklus terdiri dari dua pertemuan, tiap-tiap pertemuan meliputi perencanaan
(planning)
, pelaksanaan tindakan
(action)
, observasi
(observing)
, dan refleksi
(reflecting)
. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi
peserta didik dan guru, skala sikap peduli lingkungan untuk peserta didik, lembar
observasi dan soal evaluasi kreativitas untuk mengukur kreativitas peserta
didik.Hasil observasi peserta didik pada siklus I mendapatkan nilai 1,35 dan
menjadi 3,71 pada siklus II, hasil angket pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata
3,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,57. Hasil observasi kreativitas siklus
I mendapatkan 72,15 dan pada siklus II mendapatkan 87,10, sedangkan hasil nilai
rata-rata peserta didik siklus I yaitu 7,72 dan pada siklus II memperoleh rata-rata
8,63.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd, dan Lia Mareza, S.Sn, M.A, |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Metode Outdoor Study, Seni Budaya dan Keterampilan, Sikap Peduli Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 01:05 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 03:27 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |