CAHYANINGTYAS,, ANGGRAENI (2017) PENGARUH STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN WLAHAR WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (669kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PQ4R ( Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) terhadap kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Wlahar Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian a dalah pretest-posttest control group design . Subyek penelitian ialah seluruh peserta didik kelas IV SDN Wlahar Wetan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas A dengan jumlah 33 peserta didik dan kelas B dengan jumlah 32 peserta didik. Sampel penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling . Teknik pengumpulan data prestasi belajar peserta didik menggunakan post test dengan bentuk soal uraian sedangkan pengumpulan data sikap kemandirian peserta didik dilakukan dengan teknik angket. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis untuk diuji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji t pada data angket kemandirian peserta didik dapat diketahui bahwa nilai lebih besar dari atau 3,45 > 1,998 , maka H o ditolak dan H a diterima. Hasil perhitungan uji t pada post test diperoleh nilai lebih besar dari atau 2,64 > 1,998 , m aka H o ditolak dan H a diterima. Taraf signifikansi yang digunakan adalah 0,05 dengan dk = n 1 + n 2 - 2 atau dk = 33 + 32 – 2. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik strategi PQ4R ( Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ) terhadap kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Wlahar Wetan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd, dan Agung Nugroho, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Kemandirian, Prestasi Belajar, IPS. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 00:48 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 00:48 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |