CANDRA K,, ARHAM DWI (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MI MUHAMMADIYAH MAJATENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (686kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (832kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (622kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar
s
iswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV MI
Muhammadiyah Majatengah. Motivasi belajar merupakan salah satu aspek
penting dalam kegiatan, dan hasil belajar siswa. Hasil observasi menunjukan
k
urangnya motivasi berdampak pada rendahnya hasil prestasi belajar. Rendahnya
motivasi siswa dibuktikan dengan kurangnya partisipasi siswa di kelas dalam
kegiatan pembelajaran.
Hasil observasi dan wawancara, memperlihatkan masih
banyak siswa mengerjakan pekerjaan rumahnya di sekolah, tidak memperhatikan
penjelasan guru. Prestasi belajar siswa juga terpengaruh, data nilai UTS mata
pelajaran IPS menunjukan bahwa dari 20 siswa hanya 8 siswa yang berhasil
tuntas,
KKM 70. Penelitian ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya peneliti
unt
uk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS materi perkembangan
teknologi melalui model
PBL (Problem Based Learning)
.
PBL
merupakan model
pembelajaran yang menggunakan permasalahan dalam dunia nyata yang
dipusatkan pada keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Kelebihan dari
model ini, siswa dapat berlatih berpikir kritis, tanggap dalam pembelajaran, serta
dapat melatih siswa untuk saling bekerjasama dalam suatu kelompok. Model
PBL
ini dapat melatih aktivitas mental siswa dalam memahami suatu konsep, prinsip
serta keterampilan melalui masalah yang diberikan. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya
terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdapat tiga tahapan yang dilaksanakan
yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV MI Muhammadiyah Majatengah yang berjumlah 18 siswa
ter
diri
dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Analisis data diperoleh dari lembar
observasi guru, lembar observasi siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil
penelitian menunjukan terjadinya peningkatan yaitu: motivasi belajar Siswa siklus
I memperoleh skor rata-rata 3,01 dengan kriteria motivasi baik, meningkat pada
siklus II menjadi 3,39 dengan kriteria baik sekali. Peningkatan prestasi belajar
ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar dengan presentase 72,2%
dengan kriteria cukup, meningkat menjadi 88,8%, dengan kriteria baik sekali,
adapun kenaikan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 16,6%, dengan
ketuntasan belajar minimal 85%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan
m
odel
PBL
dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada
pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV MI Muhamadiyyah
Majatengah Kecamatan Kemangkon, Purbalingga.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi, Belajar, IPS, Pembelajaran Berbasis Masalah, Guru, Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 144 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 04:19 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 06:20 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |