CANDRA K,, ARHAM DWI (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MI MUHAMMADIYAH MAJATENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (832kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (622kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar s iswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV MI Muhammadiyah Majatengah. Motivasi belajar merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan, dan hasil belajar siswa. Hasil observasi menunjukan k urangnya motivasi berdampak pada rendahnya hasil prestasi belajar. Rendahnya motivasi siswa dibuktikan dengan kurangnya partisipasi siswa di kelas dalam kegiatan pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara, memperlihatkan masih banyak siswa mengerjakan pekerjaan rumahnya di sekolah, tidak memperhatikan penjelasan guru. Prestasi belajar siswa juga terpengaruh, data nilai UTS mata pelajaran IPS menunjukan bahwa dari 20 siswa hanya 8 siswa yang berhasil tuntas, KKM 70. Penelitian ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya peneliti unt uk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS materi perkembangan teknologi melalui model PBL (Problem Based Learning) . PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan dalam dunia nyata yang dipusatkan pada keterampilan dalam menyelesaikan masalah. Kelebihan dari model ini, siswa dapat berlatih berpikir kritis, tanggap dalam pembelajaran, serta dapat melatih siswa untuk saling bekerjasama dalam suatu kelompok. Model PBL ini dapat melatih aktivitas mental siswa dalam memahami suatu konsep, prinsip serta keterampilan melalui masalah yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdapat tiga tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Majatengah yang berjumlah 18 siswa ter diri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Analisis data diperoleh dari lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan yaitu: motivasi belajar Siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 3,01 dengan kriteria motivasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 3,39 dengan kriteria baik sekali. Peningkatan prestasi belajar ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar dengan presentase 72,2% dengan kriteria cukup, meningkat menjadi 88,8%, dengan kriteria baik sekali, adapun kenaikan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 16,6%, dengan ketuntasan belajar minimal 85%. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan m odel PBL dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV MI Muhamadiyyah Majatengah Kecamatan Kemangkon, Purbalingga.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Prestasi, Belajar, IPS, Pembelajaran Berbasis Masalah, Guru, Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | eko wahyudi |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 04:19 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 04:19 |
URI: | https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |