SETIADI, RAGIL (2012) PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KESADARAN HUKUM SISWA DI SMA N 1 WANADADI BANJARNEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of RAGIL SETIADI COVER.pdf]
Preview
Text
RAGIL SETIADI COVER.pdf

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of RAGIL SETIADI BAB I.pdf]
Preview
Text
RAGIL SETIADI BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of RAGIL SETIADI BAB II.pdf]
Preview
Text
RAGIL SETIADI BAB II.pdf

Download (772kB) | Preview
[thumbnail of RAGIL SETIADI BAB III.pdf] Text
RAGIL SETIADI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[thumbnail of RAGIL SETIADI BAB IV.pdf] Text
RAGIL SETIADI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of RAGIL SETIADI BAB V.pdf] Text
RAGIL SETIADI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of RAGIL SETIADI DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
RAGIL SETIADI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk kesadaran hukum siswa di SMA N 1 Wanadadi Banjarnegara, mengetahui kesadaran hukum dikalangan pelajar terhadap pelaksanaan tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara, kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kesadaran hukum dikalangan pelajar SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara, upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk kesadaran hukum siswa SMA N 1 Wanadadi Banjarnegara.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan, siswa, kepala SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berperan dalam membentuk kesadaran hukum siswa SMA Negeri 1 Wanadadi Banjarnegara, dikarenakan penerapan pembelajaran sudah berfariatif dan menggunakan berbagai sumber belajar. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa adalah sarana dan prasarana yang kurang lengkap serta kurangnya tenaga guru yang profesional. Adapu upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kesadaran hukum dikalangan pelajar adalah dengan meningkatkan profesionalitas guru dan menambah sumber belajar.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma'mur, M.Si dan Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Kesadaran Hukum
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S1
Depositing User: Dan Kh
Date Deposited: 31 Aug 2017 03:30
Last Modified: 05 Feb 2025 01:08
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item