AFRILIANTO, AL HIKMAH (2017) SERAMBI KANG HADI : BIOGRAFI SENIMAN DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN SENI RUPA DIBANYUMAS RAYATAHUN 1971 – 2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO COVER.pdf Download (982kB) | Preview |
Preview |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO BAB II.pdf Download (497kB) | Preview |
![]() |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
![]() |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
Preview |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
![]() |
Text
AL HIKMAH AFRILIANTO LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap; (1) Latar belakang keluarga,
lingkungan masyarakat,serta faktor-faktor yang membentuk Hadi Wijaya sebagai
seorang seniman. (2) Kiprah Hadi Wijaya, dalam konteks pengembangan dan
pelestarian seni rupa. (3) Jalan liku-liku kehidupanHadi Wijaya sebagai seorang
seniman. (4) Apresiasi masyarakat terhadap Hadi Wijaya, dan menjelaskan
tentang perkembangan seni rupa di Banyumas Raya, tahun 1971-2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu, (1)
heuristik(pengumpulan sumber), dimana peneliti sejarah harus menelusuri
sumber-sumber tertulis atau bahan-bahan documenter.(2) verifikasi(kritik
sumber),tahap ini digunakan peneliti untuk membuktikan keaslian dan kebisaan
untuk diperca suatu sumber-sumber atau bahan-bahan penelitian.(3)
interpretasi(analisis sejarah), dalam tahap ini peneliti melakukan penafsiran atas
fakta-fakta sejarah yang ditemukan. (4) penulisan sejarah (historiografi), pada
tahap ini peneliti menyajikan laporan hasil penelitian dari awal hingga akhir.
Hasil penelitian ini dapat mengungkapkan bahwa, (1) Hadiwijaya
merupakan anak bungsu dari Jaya Diwirya dan Minten, dan sudah sejak kecil ia
sangat menyukai kesenian wayang. (2) Hadi wijaya selain sebagai Guru Seni dan
Budaya, ia juga sebagai Koordinator Sanggar Bambu Banyumas Raya dan Pendiri
Serambi Kang Hadi. (3) liku-liku kehidupan Hadi Wijaya, aktifitas dan
pengalamannya, secara tidak langsung membentuk Hadi Wijaya sebagai seorang
seniman. (4) Totalitas dalam dunia Kesenirupaannya hingga saat ini di usia 63
tahun, membuat Hadi Wijaya banyak memperoleh Apresiasi dan Penghargaan
dari pihak swasta atau pun pemerintah. Memberikan dampak yang signifikan
dalamPerkembangan seni rupa di Banyumas Raya. Tercatat dalam tahun 1971-
2016, dan terbagi dalam empat fase yaitu, masa lukisan sokarajaan, masa GSRB
1970’an, Masa GSRB Banyumas Raya, dan fase dampak GSRB.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Dr. TAnto Sukardi, M.Hum dan Drs. Kartono, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Seni Rupa, Biografi Seniman, Perkembangan Seni Rupa Banyumas, GSRB |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah S1 |
Depositing User: | Dan Kh |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 03:02 |
Last Modified: | 15 May 2024 01:52 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |