FATMASARI,, RIZKI (2017) PENINGKATAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC(VAK)BERBANTU PERMAINAN JAWABAN STIK DI KELAS III SD NEGERI 1 PASIR KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan
prestasi belajar IPS siswa melalui model
Visual, Auditory, Kinesthetic
(VAK)
berbantu permainan jawaban stik pada kelas III SD Negeri 1 Pasir Kulon,
Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri
1 Pasir
Kulon yang berjumlah 12 siswa. Sumber data yang digunakan berasal dari guru
dan siswa. Teknik pengumpul
an data yang digunakan adalah angket, observasi,
dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan sikap percaya diri siswa
meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor percaya diri siswa adalah
279 dengan rata
-rata 2,33. Pada siklus II meningk
at sebesar 380 dengan rata
-rata
3,17. Prestasi belajar IPS siswa juga meningkat yang dibuktikan dari peningkatan
nilai pemahaman kegiatan jual beli. Pada siklus I rata
-rata prestasi belajar IPS
adalah 67,75 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 58%.
Pada siklus II,
nilai rata
-rata adalah 76,75 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 83%.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model
Visual, Auditory,
Kinesthetic
(VAK) berbantu permainan jawaban stik pada siswa kelas III SD Negeri 1 Pasir
Kulon da
pat meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar IPS.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd, dan Pratik Hari Yuwono, S.Sn. M.A,
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, prestasi belajar IPS, Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantu permainan jawaban stik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 02:21
Last Modified: 22 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item