NURHAYATI,, RESTI (2017) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE PADA TEMA PERMAINAN KELAS III DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (767kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar
siswa terutama mata pelajaran IPS melalui pembelajaran tematik berbantuan
media permainan
word square
. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III
SD Negeri 1 Tamansari yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan
11 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan nontes, yang terdiri dari tes
individu/evaluasi, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan percaya diri dan prestasi belajar siswa terutama
mata pelajaran IPS. Hasil tersebut dibuktikan dengan data pada angket percaya
diri siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang mempunyai kriteria Baik
yaitu nilai rata-rata klasikal 3,09, kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata
klasikal 3,31 dengan kriteria sangat baik. Pada lembar observasi siswa juga
mengalami peningkatan yaitu dari siklus I mencapai rata-rata 2,68 dan termasuk
dalam kriteria baik, sementara pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-
rata klasikal yaitu 3,30 dengan kriteria sangat baik. Prestasi belajar siswa juga
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II pada tiap pertemuan kedua
terutama pada mata pelajaran IPS yaitu siklus I diperoleh rata-rata 70,76 dan
ketuntasan belajar yang diperoleh 64% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa,
sedangkan pada siklus II diperoleh data nilai rata-rata 79,20 dan ketuntasan
belajar 88% dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 22 anak dan yang tidak tuntas
3 anak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik berbantuan
media permainan
word square
dapat meningkatkan percaya diri dan prestasi
belajar siswa terutama IPS kelas III di SD Negeri 1 Tamansari.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Agung Nugroho, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, prestasi belajar, pembelajaran tematik, media permainan word square.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:45
Last Modified: 25 Nov 2024 06:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item