WULANDARI,, NUR ASIH (2017) IMPLEMENTASI PENGATURAN TEMPAT DUDUK SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SWASTA KECAMATAN WANGON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (779kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan pola pengaturan tempat
duduk
, aspek pertimbangan dalam pengaturan tempat duduk, dan respon siswa
terhadap pengaturan tempat duduk dalam pembelajaran di sekolah dasar. Fokus
penelitian pada implementasi pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran
di sekolah dasar negeri dan swasta Kecamatan Wangon. Partisipan penelitian ini
t
erdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi
pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri
banyak yang menggunakan pola pengaturan tempat duduk siswa berbentuk
konvensional, sedangkan pola pengaturan tempat duduk di sekolah swasta lebih
bervariatif, yaitu menggunakan pola pengaturan berbentuk konvensional, formasi
U, formasi H, dan pemisahan kelompok. Aspek pertimbangan dalam pengaturan
tempat duduk siswa dalam pembelajaran di sekolah dasar negeri dan swasta
Kecamatan Wangon, yaitu aspek biologis, intelektual, dan psikologis siswa.
Respon siswa terhadap pola pengaturan tempat duduk siswa dalam pembelajaran
di sekolah dasar negeri dan swasta menunjukkan respon positif dan negatif.
Respon positif ditunjukkan dengan rasa suka dan kenyamanan siswa terhadap pola
pengaturan tempat duduk, sedangkan respon negatif ditunjukkan dengan rasa
tidak suka atas ketidaknyamanan karena lingkungan belajar yang selalu berubah.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Dr. Sriyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengaturan tempat duduk, sekolah dasar negeri, sekolah dasar swasta.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:27
Last Modified: 10 Oct 2017 07:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item