HERNIYATI, . (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran
adaptif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangpucung yang ditinjau dari rasa
percaya diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan model
Miles and Huberman
yang meliputi
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIIIA yang diperoleh menggunakan teknik
purposive
sampling.
Dalam penelitian ini siswa dikelompokan ke dalam tiga kategori,
yaitu siswa rasa percaya diri tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing
kelompok dipilih tiga siswa untuk keperluan wawancara. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan
dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa siswa
dengan rasa percaya diri tinggi mampu menguasai semua indikator yaitu
mengajukan dugaan, memberi alasan mengenai jawaban yang diberikan,
menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, memeriksa kesahihan suatu
argumen dan menemukan pola dari suatu gejala matematis, hanya saja siswa
rasa percaya diri tinggi masih sedikit kesulitan dalam menemukan pola dari
suatu gejala matematis. Untuk siswa dengan rasa percaya diri sedang belum
mampu menguasai semua indikator hanya menguasai empat indikator saja,
siswa belum mampu memeriksa kesahihan suatu argumen dan siswa juga
masih sedikit kesulitan dalam menemukan pola dari suatu gejala matematis.
Untuk siswa dengan rasa percaya diri rendah hanya mampu menguasai tiga
indikator saja, siswa rasa percaya diri rendah hanya mampu mengajukan
dugaan, memberikan alasan mengenai jawaban yang diberikan dan menarik
kesimpulan dari suatu pernyataan.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran adaptif, rasa percaya diri siswa, SMP Negeri 2 Karangpucung Cilacap Jawa Tengah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Users 144 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 00:55
Last Modified: 20 Aug 2024 00:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item