ASTUTI, RENI YULI (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH TAMBAKAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Reni Yuli Astuti_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Reni Yuli Astuti_BAB I.pdf Download (547kB) | Preview |
Preview |
Text
Reni Yuli Astuti_BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
![]() |
Text
Reni Yuli Astuti_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
![]() |
Text
Reni Yuli Astuti_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Reni Yuli Astuti_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
Preview |
Text
Reni Yuli Astuti_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (534kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA materi Cahaya dan sifat-sifatnya melalui model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V MI Muhammadiyah Tambakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang digunaan dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Tambakan yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, dokumenasi, dan angket. Data rasa ingin tahu siswa diperoleh dari angket rasa ingin tahu, prestasi belajar IPA diperoleh dari hasil tes evaluasi, sedangkan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, rasa ingin tahu siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,3 yang termasuk dalam kriteria cukup, hasil rasa ingin tahu siswa siklus II diperoleh rata-rata 2,8 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil prestasi belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar mencapai 62,5% dengan kriteria cukup. Hasil prestasi belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar mencapai 87,5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kolaboratif tipe Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Muhammadiyah Tambakan materi Cahaya dan Sifat-sifatnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D. dan Badarudin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kolaboratif, Predict Observe Explain (POE) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 07:33 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 07:33 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3672 |
[error in script]
Actions (login required)
![]() |
View Item |