RINI, PUSPITA EKA (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK BUMI MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA BARANG HABIS PAKAI DI KELAS IV SD N 2 PASIR KULON. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Puspita Eka Rini_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Puspita Eka Rini_JUDUL.pdf

Download (958kB) | Preview
[thumbnail of Puspita Eka Rini_BAB I.pdf]
Preview
Text
Puspita Eka Rini_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Puspita Eka Rini_BAB II.pdf]
Preview
Text
Puspita Eka Rini_BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Puspita Eka Rini_BAB III.pdf] Text
Puspita Eka Rini_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of Puspita Eka Rini_BAB IV.pdf] Text
Puspita Eka Rini_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Puspita Eka Rini_BAB V.pdf] Text
Puspita Eka Rini_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Puspita Eka Rini_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Puspita Eka Rini_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of Puspita Eka Rini_LAMPIRAN.pdf] Text
Puspita Eka Rini_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalahrendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA pada materi perubahan lingkungan fisik bumi kelas IV di SD Negeri 2 Pasir Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar menggunakan metode eksperimen berbantuan media barang habis pakai. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilaksanakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2016/2017 mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan fisik bumi. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian observasi guru dan siswa, lembar angket rasa ingin tahu dan lembar evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu siswa dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 73,75% dengan kriteria baik menjadi 81% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Hasil penelitian pada prestasi belajar juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang memperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 771,84 dengan ketuntasan belajar 74,23% meningkat pada siklus II menjadi 81,28 dengan ketuntasan belajar 84,84%.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Badarudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, IPA, Metode Eksperimen Berbantuan Media Barang Habis Pakai, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:15
Last Modified: 30 Aug 2017 07:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item