LATIFAH, LAYLI (2017) KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA SISWA KELAS TINGGI (STUDI KASUS DI MIM PANDANSARI). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
Layli Latifah_JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Layli Latifah_BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
Preview |
Text
Layli Latifah_BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
![]() |
Text
Layli Latifah_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text
Layli Latifah_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text
Layli Latifah_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Preview |
Text
Layli Latifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
![]() |
Text
Layli Latifah_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kesulitan membaca tidak hanya ditemui pada siswa kelas rendah, banyak ditemui pada siswa kelas tinggi yang mengalami kesulitan dalam membaca. Seperti yang ditemukan di MIM Pandansari terdapat tiga siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu tentang jenis kesulitan belajar membaca yang dialami oleh siswa, faktor yang membuat siswa kesulitan membaca, dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan yang digunakan meliputi siswa berkesulitan belajar, guru kelas, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa jenis kesulitan belajar yang seharusnya tidak ditemui pada peserta didik khususnya pada kelas tinggi yaitu tidak bisa merangkai huruf menjadi kata, keliru dalam mengenal huruf konsonan, tidak bisa membaca huruf konsonan dobel, tidak bisa memahami isi bacaan, penambahan dan pengurangan huruf pada saat membaca. Beberapa faktor yang membuat siswa tidak bisa membaca seperti faktor fisiologis seperti gangguan penglihatan, faktor psikologi yang meliputi motivasi, minat, dan kematangan sosio dan emosi . Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari bimbingan membaca sampai menyediakan sarana yang menunjang agar anak dapat membaca tetapi hasil yang didapatkan tetap sama karena tidak adanya kesadaran yang dimilki oleh anak agar dapat membaca.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Agung Nugroho, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Membaca, Kelas Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Bandriyah . |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 07:00 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 07:00 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |