LATIFAH, LAYLI (2017) KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA SISWA KELAS TINGGI (STUDI KASUS DI MIM PANDANSARI). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[thumbnail of Layli Latifah_JUDUL.pdf]
Preview
Text
Layli Latifah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Layli Latifah_BAB I.pdf]
Preview
Text
Layli Latifah_BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Layli Latifah_BAB II.pdf]
Preview
Text
Layli Latifah_BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of Layli Latifah_BAB III.pdf] Text
Layli Latifah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Layli Latifah_BAB IV.pdf] Text
Layli Latifah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of Layli Latifah_BAB V.pdf] Text
Layli Latifah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Layli Latifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
Layli Latifah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Layli Latifah_LAMPIRAN.pdf] Text
Layli Latifah_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan membaca tidak hanya ditemui pada siswa kelas rendah, banyak ditemui pada siswa kelas tinggi yang mengalami kesulitan dalam membaca. Seperti yang ditemukan di MIM Pandansari terdapat tiga siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu tentang jenis kesulitan belajar membaca yang dialami oleh siswa, faktor yang membuat siswa kesulitan membaca, dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan yang digunakan meliputi siswa berkesulitan belajar, guru kelas, dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa jenis kesulitan belajar yang seharusnya tidak ditemui pada peserta didik khususnya pada kelas tinggi yaitu tidak bisa merangkai huruf menjadi kata, keliru dalam mengenal huruf konsonan, tidak bisa membaca huruf konsonan dobel, tidak bisa memahami isi bacaan, penambahan dan pengurangan huruf pada saat membaca. Beberapa faktor yang membuat siswa tidak bisa membaca seperti faktor fisiologis seperti gangguan penglihatan, faktor psikologi yang meliputi motivasi, minat, dan kematangan sosio dan emosi . Berbagai upaya telah dilakukan mulai dari bimbingan membaca sampai menyediakan sarana yang menunjang agar anak dapat membaca tetapi hasil yang didapatkan tetap sama karena tidak adanya kesadaran yang dimilki oleh anak agar dapat membaca.

Dosen Pembimbing: unspecified | unspecified
Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca, Kelas Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 30 Aug 2017 07:00
Last Modified: 30 Aug 2017 07:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3669

Actions (login required)

View Item View Item