SUSANTI, WIDA (2017) DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN BELAJAR SISWA SMKN 1 BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Preview |
Text
COVER_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Download (704kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Download (717kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
![]() |
Text
BAB IV_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Download (700kB) | Preview |
![]() |
Text
LAMPIRAN_WIDA SUSANTI_MATEMATIKA'17.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematis ditinjau dari kecemasan belajar siswa SMKN 1 Banyumas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian
ini terdiri dari 6 siswa kelas TKJ 2 SMKN 1 Banyumas yang terdiri dari 2
mahasiswa kecemasan belajar normal, 2 siswa kecemasan ringan dan 2 siswa
kecemasan sedang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Uji
validitas hasil analisis menggunakan triangulasi teknik. Pada tahap memahami
masalah siswa dengan kecemasan belajar normal mampu menggunakan
pengetahuannya untuk melakukan seleksi dalam menentukan rencana pemecahan
masalah, kemudian siswa dengan kecemasan belajar ringan cenderung hanya
menyebutkan apa yang tertulis di soal walaupun cara-cara lain yang berbeda
sedikit tampak digunakan, dan siswa kecemasan belajar sedang cenderung hanya
menyebutkan apa yang tertulis di soal tanpa menggunakan cara-cara lain yang
berbeda. Pada tahap merencanakan masalah siswa dengan kecemasan belajar
normal mampu menjelaskan cara yang berbeda dalam merencanakan
penyelesaian, kemudian siswa dengan kecemasan belajar ringan hanya
menggunakan rencan yang sesuai dengan prosedur yang ada dan merasa ragu saat
menyebutkan alternatif jawaban selain yang mereka sebutkan pertama, dan siswa
kecemasan sedang menggunakan satu prosedur penyelesaian tanpa ada alternatif
jawaban, Pada tahap melaksanakan rencana masalah siswa kecemasan belajar
normal mampu menjelaskan cara yang berbeda, kemudian siswa kecemasan
belajar ringan menggunakan penyelesaian secara umum dan ada beberapa soal
yang menggunakan alternatif lain, dan siswa kecemasan sedang menggunakan
penyelesaiakan permasalahan secara umum meskipun ada pada satu soal subjek
yang belum dapat menemukan jawaban yang tepat. Pada tahap memeriksa
kembali proses atas hasil yang diperoleh siswa kecemasan belajar normal
menggunakan cara yang sama seperti penyelesaian masalah, siswa kecemasan
belajar ringan sekedar dilihat saja tanpa menuliskan cara untuk memeriksanya dan
siswa kecemasan sedang langsung mengatakan tidak melakukan proses
pemeriksaan kembali.
Dosen Pembimbing: | unspecified | unspecified |
---|---|
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Kusno, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, SMKN 1 Banyumas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Iin Hayuningtyas |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 05:05 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 05:05 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |